Call: +62895613160812| Email: admin@sebuahtutorial.com

Program Guru Berbagi Kemendikbud


Guru Berbagi Kemendikbud

Pemerintah dalam hal ini kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan sebuah program yang dinamakan ayo guru berbagi. Beberapa fitur yang tersedia dalam program ini akan dijelaskan dalam artikel ini, Selamat membaca

Apa itu Guru Berbagi?

AYO GURU BERBAGI merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk bersama hadapi Covid-19. Mari gotong royong untuk berbagi ide dan praktik baik melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar anak-anak Indonesia bisa belajar dari mana saja. Program ini dapat digunakan oleh semua guru yang ingin mencari ide pembelajaran untuk mendukung program pembelajaran daring selama pandemi Covid 19 saat ini.

Lihat Juga : Kuota Belajar Kemendikbud 2021

Apa Saja Fitur Program Ayo Guru Berbagi?

Berikut ini beberapa program guru berbagi yang telah di canangkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Berbagi RPP

Bagikan Rancangan Program Pembelajaran (RPP) yang Anda miliki dalam halaman ini atau cari referensi yang Anda butuhkan. Anda diperbolehkan untuk membagikan foto atau visual yang mendukung penjelasan dari RPP Anda. Tentu saja, Anda juga bisa melakukan modifikasi dari RPP yang ada untuk disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Lihat Juga : Akun Pembelajaran.id Bagaimana cara Mengunakannya

Mencari Artikel berkaitan dengan Pembelajaran

Temukan referensi seputar pembelajaran daring yang dapat memperkaya referensi dan jadi menjadi sumber inspirasi untuk merancang RPP, menghidupkan interaksi belajar dengan siswa, maupun informasi untuk mendukung materi ajar Anda. Setiap guru maupun penggerak pendidikan mampu menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh lewat laman ini.

Mencari Video yang berkaitan dengan pendidikan

Fitur ini memungkinkan guru untuk menperoleh inspirasi lewat video-video kreatif yang dapat membantu guru menemukan ide pembelajaran.

 

Bagaimana cara membuat Akun Guru berbagi?

Berikut ini Langkah-langkah membuat akun Guru berbagi

Akses halaman resmi Guru berbagi 

Untuk menjadi kontributor dalam guru berbagi ini, anda harus memiliki akun dengan mendaftarkan email anda. Guru berbagi tidak hanya difokuskan kepada guru. Seperti tujuan awalnya, Guru berbagi ini memiliki kolaborasi antara Guru, Komunitas dan Penggiat pendidikan. Silahkan akses halamannya di https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/ akan muncul tampilan sebagai berikut :

Tampilan Akun Guru Berbagi

2. Daftar Akun Anda

Setelah anda mengakses halaman resminya, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan email anda dengan mengklik DAFTAR (lihat ikon berwarna merah di kanan atas gambar) dan akan muncul formulir pendaftaran seperti pada gambar dibawah ini :

Akun Guru Berbagi

3. Mengisi Data Diri

Adapun data diri yang diminta untuk di isi dalam pendaftaran akun ini adalah :

 Nama  Nama yang akan anda daftarkan
 Email (Surel)  Email ini digunakan untuk login
 Kata Sandi  Kata sandi yang ingin anda buat
 Pekerjaan  Silahkan isi Pekerjaan Anda
 Organisasi/Instansi  Organisasi atau instansi anda.

Jangan Lupa untuk mencentang opsi Saya Bukan Robot

Verifikasi akun dengan CHAPTA

Setelah pengisian identitas anda selesai, klik DAFTAR SEKARANG pada kanan bawah

4. Cek Kotak Masuk Email Untuk Aktivasi

Setelah anda mengisi semua data diri dan berhasil mendaftarkan akun anda, selanjutnya anda diminta untuk mengaktifasi akun dengan membuka kota masuk yang berisi pesan notifikasi dari guru pembelajaran seperti gambar di bawah ini, kemudian Klik Aktivasi Sekarang.

Notifikasi AKtivasi Akun

5. Login untuk mulai sharing

Setelah anda mengklik Aktivasi Sekarang,  maka anda akan dialihkan ke halaman login seperti pada gambar di bawah ini dan silahkan masuk untuk mulai berbagi tentang ide pembelajaran anda

Guru Berbagi Kemendikbud

Catatan : Untuk dapat mengetahui SOP Registrasi dan Aktivasi Akun Silahkan Lihat Tautan ini

(Sumber)

 

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *